Berbagai Penyebab Sakit Kepala

October 3rd, 2010 by admin Leave a reply »

sakit kepala Hampir sebagian besar orang pernah merasakan apa yang namanya sakit kepala, bahkan data menunjukkan bahwa hampir 90% orang pernah mengalami sakit kepala satu atau dua kali dalam satu tahun. Bahkan sakit kepala menjadi alasan terbanyak kedua mengapa orang berkunjung ke dokter.

Sakit kepala ada berbagai macam jenisnya dan berbagai macam pula penyebabnya. Untuk menentukan cara penanganannya tentunya kita harus mengetahui beberapa jenis sakit kepala antara lain:

  1. Sakit kepala migren atau sakit kepala sebelah. Disebut seperti itu karena migren selalu dirasakan pada salah satu bagian sisi kepala saja. Penyebabnya biasanya karena perubahan hormonal oleh karena itu biasanya migren ini lebih banyak terjadi pada kaum perempuan.
  2. Sakit kepala karena alergi. Gejala ini sering dibarengi dengan gejala hidung meler, kerongkongan sakit dan mata berair. Munculnya bisa dikarenakan oleh sebab makanan tertentu atau segala sesuatu yang bisa menimbulkan alergi.
  3. Sakit kepala karena tegang. Di awali dengan ketegangan di otot leher, bahu dan tengkorang sebagai akibat tekanan emosional. Sakitnya selalu berawal dari kepala belakang, merambat ke depan, lalu ke kedua sisi kepala.
  4. Sakit kepala sinus. Muncul sebagai akibat adanya sinus. Gejalanya mudah untuk diketahui. Lubang hidung tersumbat satu atau kedua-duanya dan rasa nyeri akan meluas ke atas pipi dan dahi. Bagian-bagian tersebut apabila disentuh akan terasa sakit.
  5. Sakit kepala dengan beragam gejala. Gangguan ini terutama menyerang kaum pria. Gejalanya berupa nyeri luar biasa dan umumnya terfokus di sekitar rongga mata dengan mata berair dan hidung meler.
  6. Sakit kepala pasca-trauma. Ini sering muncul sebagai dampak dari suatu kecelakaan, meski hanya terjadi sedikit cedera di kepala. Rasa sakitnya kadang-kadang muncul setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah cedera dan dapat berlangsung sampai setahun setelah trauma.
  7. Di samping sakit kepala yang penyebabnya spesifik itu, ada pula sakit kepala yang timbul semata-mata sebagai gejala sekunder dari kondisi tubuh yang tidak beres dan memerlukan penanganan medis.

Gejala-gejala di bawah ini bisa dijadikan petunjuk untuk melakukan tindakan mengatasi sakit kepala:

  1. Apabila rasa sakit dirasakan lebih parah pada pagi hari ketimbang siang hari, maka pertanda adanya tekanan darah tinggi.
  2. Apabila rasa sakit kepala di barengi dengan rasa nyeri di mata, telinga atau gigi, biasanya menunjukkan adanya gejala infeksi.
  3. Sakit kepala yang terjadi setelah membaca terlalu lama atau menggunakan aktifitas indera penglihatan dalam jangka waktu lama, pertanda ada yang tidak beres pada mata anda.
  4. Tumor, stroke, atau mungkin sulit tidur dapat menjadi penyebab sakit kepala mendadak yang amat nyeri. Akibatnya, tubuh terasa lemah dan dibarengi dengan penglihatan yang kabur. Sakit kepala ini berawal sebagai nyeri kecil dan semakin parah di pagi hari. Diperlukan pemeriksaan sesegera mungkin untuk mengetahui penyebabnya.
  5. Jika sakit kepala dibarengi dengan demam dan leher pegal, kemungkinan Anda terserang meningitis. Penanganan medis sangat diperlukan.
  6. Bila sakit kepala muncul tiba-tiba dan sangat nyeri, pertanda adanya pembuluh darah arteri di otak yang pecah. Hal ini dapat mengancam jiwa. Penanganan medis harus segera dilakukan.

Artikel Lain Yang Perlu Anda Baca

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda

Leave a Reply

``