Cara Mengatasi Ketombe

November 18th, 2010 by admin Leave a reply »

ketombe Tampil sempurna dihadapan banyak orang adalah idaman banyak orang. Apalagi bagi eksekutif muda atau para pekerja yang selalu berinteraksi dengan banyak orang, tampilan yang prima merupakan salah satu hal yang wajib dijaga.

Tampilan yang sempurna tersebut tentunya akan terganggu dengan adanya hamburan ketombe yang menempel di baju, dan membuat hilangnya rasa pe de bagi orang yang terserang ketombe.

Ketombe atau disebut juga sindap atau dengan nama ilmiah pityriasis capitis merupakan pengelupasan kulit mati secara berlebihan yang terjadi pada kulit kepala. Sebenarnya sel-sel kulit mati dan mengelupas merupakan sesuatu hal yang wajar terjadi apabila jumlahnya sedikit.

Penyebab ketombe adalah jamur Malassezia furfur dan jamur Pytosporum ovale. Jamur-jamur tersebut merupakan faktor pencetus terjadinya kelainan pada kulit kepala sehingga mengakibatkan percepatan terjadinya pengelupasan sel-sel mati pada kulit kepala yang berbentuk serpihan berwarna perak keputihan atau keabu-abuan yang terkadang disertai rasa gatal pada kulit kepala.

Faktor-faktor seperti keringat yang berlebihan, stres, cuaca dingin, penggunaan gel dan hair sprayer yang berlebih, penggunaan produk pewarna rambut, atau kurang menjaga kebersihan kulit kepala merupakan faktor yang memperparah munculnya ketombe.

Beberapa cara mengatasi ketombe:

  1. Hindari menggaruk-garuk kulit kepala agar tidak terjadi lecet pada kulit kepala yang akan memperparah ketombe.
  2. Gunakan shampo anti ketombe yang mengandung bahan aktif Zinc Pyrithione (ZPT) secara teratur.
  3. Lakukan pergantian terhadap shampo anti ketombe yang anda pakai untuk menghindari resistensi dari jamur penyebab ketombe.
  4. Hindari stres.
  5. Jangan gunakan gel, minyak rambut atau hair spray secara berlebihan.
  6. Jagalah kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala, makan makanan yang mengandung vitamin B, misalnya, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran yang berwarna hijau tua.
  7. Konsumsi juga bahan makanan yang mengandung zinc untuk memelihara aktifitas kelenjar minyak, misalnya ikan, kuning telur, daging, kedelai dan biji-bijian.
  8. Apabila tetap membandel anda bisa mengunjungi dokter, untuk penanganan yang lebih lanjut terhadap ketombe anda.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lain Yang Perlu Anda Baca

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda

Leave a Reply

``