Keputihan

September 26th, 2009 by admin Leave a reply »

keputihan Keputihan, istilah yang tidak asing bagi kaum perempuan karena berhubungan dengan permasalahan organ pribadi kaum perempuan. Dalam istilah kedokteran keputihan disebut dengan leukore atau fluor albus.

Sebenarnya apakah itu keputihan dan apakah berbahaya? Mari kita bahas satu-persatu:

Keputihan normal

Yang disebut keputihan normal adalah apabila alat kelamin perempuan (vagina) pada saat-saat tertentu mengeluarkan lender (mucus), misalnya pada saat menjelang dan sesudah haid, perempuan yang capek sehabis banyak berjalan, perempuan hamil, perempuan sesudah melahirkan dan pada perempuan yang sedang mengalami rangsangan seksual. Selama keputihan atau kebasahan ini biasa saja, ini masih bisa disebut normal dan perempuan itu sehat.

Meresahkan

Keputihan normal tidak mengganggu kesehatan, hanya saja membuat resah dan jengkel karena seringkali terasa gatal dan risih. Pada para pemakai alat kontrasepsi, adakalanya merasa basah, tetapi tidak semua pemakai alat kontrasepsi mengalami hal ini. Sebenarnya tiap lubang panca indera manusia seperti mata, hidung, telinga tidak luput dari mengeluarkan cairan. Misalkan mata mengeluarkan air mata, hidung mengeluarkan lender/ingus. Apabila ada aksi biasanya terjadi reaksi dan itu sudah merupakan hukum alam.

Batas wajar keputihan?

Apabila pada siklus haid pada saat-saat subur, perempuan itu mengalami keputihan, terlebih terangsang oleh rangsangan seksual maka hal itu boleh disebut masih dalam batas kewajaran.

Keputihan yang tidak normal

Apabila perempuan mulai mengeluh karena vaginanya terlalu sering mengeluarkan lender yang berlebihan disertai bau amis, terasa pedih waktu buang air, dan kadang disertai rasa panas dan gatal, maka penderita harus segera berobat ke dokter kandungan atau dokter kulit dan kelamin. Sakit ini disebabkan karena infeksi peradangan pada seluruh alat genetalia. Boleh jadi juga disebabkan pemakaian WC dan pemandian umum, bisa juga karena GO (kencing nanah).

Tetapi penyakit keputihan yang kronis juga bisa merupakan tanda dari keganasan penyakit kanker rahim.

Janganlah membiasakan diri menunda waktu berobat kedokter ahli. Karena keputihan yang telah kronis akan member efek negative terhadap kehidupan seksual perempuan.

Artikel Lain Yang Perlu Anda Baca

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda

Leave a Reply

``