Mengenali Tanda Tanda Kehamilan

July 27th, 2009 by admin Leave a reply »

kehamilanSudah menjadi kodrat perempuan untuk mengalami kehamilan, apalagi bagi perempuan yang sudah menikah kehamilan merupakan suatu hal yang didambakan. Bagi perempuan yang belum pernah hamil mungkin kesulitan untuk mengenali tanda tanda kehamilan.

Berikut ini beberapa tanda-tanda kehamilan:

1. Flek dan kram

Pada saat kehamilan, biasanya ditandai dengan munculnya flek pink di celana dalam yang terjadi saat implantasi (pada saat embrio menempel di dinding uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari menyusul ovulasi, sedikit lebih awal di banding datangnya waktu haid). Kadang kita mengira ini sebagai haid yang waktunya lebih pendek dibandingkan menstruasi normal. Kram juga sering terjadi di awal kehamilan. Sampai kehamilan trimester kedua, kram seperti ini akan muncul.

2. Lelah berlebihan

Jika terjadi kehamilan, gejala yang paling umum terjadi dalam delapan hingga sepuluh minggu pertama adalah rasa lelah. Pada saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme yang signifikan, dan seluruh bagian tubuh anda melakukan penyesuaian terhadap tumbuhnya janin. Proses ini yang menimbulkan rasa lelah berlebihan.

3. Penggelapan areola

Daerah areola (daerah gelap yang mengelilingi puting payudara) mulai menjadi lebih gelap dan diameternya membesar.

4. Puting/payudara lebih lembut

Payudara dan putingnya menjadi lebih lembut sekitar tiga pekan setelah pembuahan (saat haid terlambat sekitar seminggu). Payudara terasa bengkak, sama seperti menjelang haid.

5. Mual dan muntah

Beberapa hari setelah pembuahan, mungkin anda akan merasa mual dan muntah yang bias terjadi baik pagi, siang maupun malam.

6. Sering buang air kecil

Saat menstruasi terlambat satu hingga dua minggu, kemungkinan terjadi rasa ingin buang air kecil menjadi lebih sering dibanding biasanya. Ini disebabkan karena janin yang tumbuh di rahim menekan saluran urin.

7. Sembelit

Buang air besar (BAB) menjadi sulit dan tidak lancar? Ini lazim terjadi pada awal kehamilan. Hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.

8. Naiknya temperatur basal tubuh

Bisa dipastikan anda hamil jika suhu basal tubuh meningkat, saat masa haid yang harusnya datang terlewat. dan tidak turun ke level sebelum terjadi ovulasi. Saat terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopii, dan membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, dimana ovum terbuahi akan menempel di sana.

9. Haid tak datang.

Ini pertanda awal kehamilan, apalagi jika haid terbiasa teratur. Dikombinasikan dengan tanda-tanda positif di atas, kemungkinan besar Anda memang hamil.

10. Tes kehamilan.

Jika Anda ingin memastikan kehamilan anda, bisa dilakukan dengan menggunakan test pack yang dijual bebas. Tes urin akurat untuk kehamilan usia 10-14 hari.

Untuk lebih memastikan tanda tanda kehamilan, anda bisa mengunjungi dokter kandungan.

Artikel Lain Yang Perlu Anda Baca

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda
Tags: Ibu & Anakkehamilanperempuan

4 comments

  1. diyah says:

    thanks, informasi yg bagus

    [Reply]

    admin Reply:

    terima kasih mbak

    [Reply]

  2. artikel yang cocokuntuk tetangga baik saya ni.
    trim..bagus infonya.

    [Reply]

Leave a Reply

``