Obesitas Atau Kegemukan

October 13th, 2010 by admin Leave a reply »

kegemukan Apakah anda merasa kegemukan? Kegemukan atau obesitas bisa didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana seseorang memiliki kelebihan lemak tubuh. Seseorang dikatakan kelebihan berat badan atau kegemukan ketika Indeks Massa Tubuhnya lebih besar dari angka 25. Cara paling mudah untuk mengukur Indeks Massa Tubuh anda bisa dilihat pada Kalkulator Indeks Massa Tubuh.

Kegemukan bisa meningkatkan resiko seseorang untuk berbagai macam penyakit, cacat, bahkan sampai pada kematian. Kegemukan di era sekarang ini sudah menjadi masalah dunia. Beberapa fakta yang mengejutkan:

  • Saat ini ada sekitar 1,6 milyar orang di dunia yang kelebihan berat badan dan ada lagi 400 juta yang menderita obesitas.
  • 155 juta anak-anak kelebihan berat badan dan 30-45.000.000 mengalami obesitas.
  • Di negara-negara berkembang seperti di India masalah gizi buruk dan obesitas menjadi masalah besar di negara tersebut.

Sebagian besar populasi dunia mengalami kelebihan berat badan. Telah banyak diskusi yang membahas definisi dari kelebihan berat badan dan obesitas yang bisa digunakan secara universal. Institut Kesehatan Nasional di Amerika memberikan definisi bahwa seseorang dikatakan kegemukan apabila Indeks Massa Tubuhnya lebih dari 27,3% atau lebih untuk perempuan dan 27,8% atau lebih untuk laki-laki. Apabila nilainya melebihi angka 30% bisa dikategorikan sebagai obesitas.

Lemak merupakan sumber energi cadangan bagi tubuh kita. Lemak juga bertindak sebagai isolator dalam tubuh kita, dan juga berguna untuk membentuk kontur tubuh kita supaya terlihat mulus dan indah. Orang normal memiliki sekitar 30 sampai 35 miliar sel lemak, dengan ukuran normal beratnya adalah 0,4 – 0,6 mikrogram per sel. Sedangkan pada orang yang obesitas sel-sel lemaknya mempunyai berat 1,2 mikrogram.

Kegemukan atau obesitas akan menimbulkan kondisi ketidaknyamanan fisik. Kegemukan juga merupakan gudangnya penyakit. Semakin gemuk seseorang maka semakin besar pula resiko untuk mengidap penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, depresi, insomnia dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh kelebihan berat badan.

Wanita lebih cenderung untuk kegemukan dibandingkan dengan laki-laki. Orang tua memiliki kecenderungan memiliki kemungkinan menderita kegemukan dibandingkan orang yang masih muda. Kurangnya aktivitas fisik, perubahan pola makan dan gaya hidup menjadi alasan utama penyebab kegemukan.

Sebuah usaha sadar untuk mengubah kebiasaan makan menjadi pola makan sehat dan mempunyai gaya hidup sehat adalah metode terbaik untuk mengelola obesitas.

Artikel Lain Yang Perlu Anda Baca

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda

Pengunjung Datang Lewat Kata Kunci Berikut:


1 comment

  1. healthy & happy says:

    Info yg mantap dan sangat bermanfaat.
    di sini kami jg menyediakan solusi tuk obesitas.
    silahkan search dgn tag “CHITOSAN PELANGSING SUPER CEPAT”.
    thx…

    [Reply]

Leave a Reply

``