Perokok Pasif

January 19th, 2011 by admin Leave a reply »

stop merokokTidak kurang-kurangnya tulisan yang membahas tentang efek negatif rokok bagi kesehatan. Berbagai dampak kesehatan yang diterima para perokok bahkan sampai jumlah kematian yang begitu banyak akibat rokok ternyata tidak membuat jumlah perokok khususnya di Indonesia berkurang drastis.

Dan rokok ternyata tidak hanya membawa kerugian bagi perokoknya saja, ternyata dampak negatif juga diterima oleh orang-orang yang berada di dekat lingkungan perokok atau yang biasa disebut dengan perokok pasif.

Lebih dari 600 ribu orang di dunia yang bukan perokok meninggal dunia akibat asap rokok (sebagai perokok pasif). Peneliti di Swedish National Board of Health and Welfare dan Bloomberg Philanthropies melakukan penelitian dengan menganalisis data tentang perokok pasif yang ada di 192 negara yang dimulai sejak tahun 2004. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa 40% anak-anak serta lebih dari 30% pria dan wanita menjadi perokok pasif.

Merokok pasif bisa mengakibatkan sekitar 379.000 kasus kematian akibat penyakit jantung, 165.000 kasus kematian akibat penyakit pernafasan, 36.900 kasus kematian akibat asma, dan 21.400 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahunnya.

Anak-anak dengan orangtua perokok memiliki risiko lebih tinggi sindrom kematian tiba-tiba, infeksi telinga, pneumonia, bronkhitis, dan asma. Paru-paru mereka juga akan berkembang dengan lebih lambat dibanding anak-anak yang orangtuanya tidak merokok.

Banyak negara telah melakukan pelarangan merokok di tempat umum. Di Indonesia sendiri telah banyak daerah-daerah yang menerapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan merokok di tempat umum, dimana salah satu tujuannya mengurangi dampak negatif rokok terhadap orang yang bukan perokok.  Akan tetapi seperti biasanya peraturan ini dalam implementasinya sama sekali belum terlihat.

Para perokok selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain, melanggar hak asasi orang lain yang bukan perokok untuk memperoleh udara sehata tanpa asap rokok. Ayolah galang gerakan berhenti merokok.

Artikel Populer

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda

Leave a Reply

``