Terjadinya Kehamilan

October 2nd, 2009 by admin Leave a reply »

kehamilan-2 Pasangan suami isteri bisa menghasilkan keturunan (anak) pertama jika kedua-duanya dalam keadaan subur. Pengertian subur di sini adalah sel sperma dari suami sempurna dalam segala hal untuk “membuahi” sel telur dari si isteri. Sebaliknya sel telur si isteri itu sempurna pula dalam segala hal untuk bisa “dibuahi” sel sperma dari si suami. Peristiwa pembuahan ini disebut conception. Selanjutnya saluran-saluran yang akan dilewati sel sperma untuk bertemu dengan sel telur harus normal pula. Saluran-saluran itu adalah liang leher rahim, liang badan rahim serta liang saluran telur.

Telur yang telah dibuahi di bagian ujung saluran telur mengembara kearah liang rahim dan biasanya bersarang pada dinding depan atau belakang bagian atas rahim (fundus uteri). Peristiwa bersarangnya telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim itu disebut nidasi (nidatio). Nidasi bisa terjadi sempurna, jika keadaan dinding rahim sempurna dan normal.

Jika proses nidasi itu telah berlangsung normal, barulah bisa disebut adanya kehamilan. Peristiwa ini berlangsung terus sampai ke tingkat apa yang dinamakan nidasi trofoblas yang antara lain menghasilkan hormone Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Produksi hormone HCG ini meningkat sampai kira-kira hari ke 60 kehamilan dan setelah itu turun kembali. Fungsi hormone ini diduga mempengaruhi proses kehamilan selanjutnya dan menghasilkan terus hormone progesterone sampai plasenta bisa membuat progesterone sendiri dengan cukup.

Hormone HCG inilah yang menentukan ada tidaknya kehamilan, dan terdapat dalam air kencing (urin) wanita hamil. Jadi pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan urin adalah untuk mengetahui adanya hormone HCG tersebut. Seorang wanita dikatakan positif hamil jika dalam urinnya ditemukan hormone HCG.

Tidak setiap hari seorang perempuan bisa hamil, ada hari-hari tertentu yaitu kira-kira 12 atau 16 hari setelah mulai perdarahan haid. Anda tidak mungkin hamil pada hari ke 7 atau ke 9 sebelum dating haid, selama haid serta hari ke 3 atau ke 5 setelah haid.

Artikel Lain Yang Perlu Anda Baca

Image and video hosting by TinyPic


Anda ingin berlangganan artikel gayahidupsehat.org secara GRATIS lewat email, silahkan masukkan email anda:

Delivered by FeedBurner

INGIN MEMPUBLIKASIKAN ULANG ARTIKEL INI DI SITUS ANDA?
*copy-paste kode di atas ke dalam form posting blog Anda

2 comments

  1. Rickie Blancato says:

    Couldnt possess said it far better my self! Exceptional read.

    [Reply]

Trackbacks /
Pingbacks

  1. HCG Ultra Diet Drops Review

Leave a Reply

``